28 December 2011

Sekring Suzuki Satria F150, Spidometer Mereset


Spido digital, butuh arus listrik
Usah bingung jika sobat pemilik Suzuki Satria F 150 mengalami kejadian aneh di panel spidometer. Ya, misalnya ketika dipakai berkendara, tiba-tiba panel kecepatan yang digital itu seperti mereset.


Cek sekring termasuk soket, pastikan tidak kendor
Contohnya, saat ngebut kecepatan 100 km/jam lalu panel mati. Seketika, nyala kembali dan menunjukkan kecepatan yang sedang dialami. Proses nya berlangsung cepat!

“Panel spidometer juga pakai arus listrik. Jika kejadiannya seperti itu, kemungkinan ada arus terputus. Ini bisa dari sekring atau juga koneksi kabel,” ungkap Sugio, kepala mekanik Suzuki Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan.

Sekring Satria F jadi satu dengan relay starter alias bendik. Karena letaknya ada di dalam bodi belakang sebelah kanan, jadi rawan getaran. Baiknya periksa koneksinya. “Kalau kendor, arus dari aki ke kontak bisa terputus,” tambah pria yang tinggal di Depok, Jawa Barat itu.

Cek juga koneksi kabel ke spidometer. Terutama, positif (oranye) dan negatif (hitam-putih). Jika kabel positif putus, relatif aman. Tapi, kalau kabel massa, maka spido seperti error.

Karena ada arus masuk tapi tidak bisa terbuang. Terakhir, cek juga jaringan kabel yang letaknya dekat komstir. Takutnya, ada kabel yang putus karena kejepit segitiga

Sumber ::: motor plus

No comments: