Beberapa waktu lalu sudah
membahas mekanisme kerja klep di Suzuki Satria FU150. Sekarang masuk ke
tahap cara ukur celah klep bebek Hyperunderbone yang juga perlu alat
filler gauge seperti motor lainnya.
Cuma berhubung mekanisme kerja klep enggak pakai rocker arm,
maka yang perlu diatur ketebalan sim. Namun untuk menentukan batas
penggantian ketebalan sim, mekanik harus punya tabel atau buku panduan
perawatan standar Suzuki. Sebab lewat tabel tadi akan diketahui ukuran
celah tappet, tebal sim awal dan ukuran sim yang harus diganti.
Misalkan
celah klep intake standar pabrik dipatok 0,10~0,20 mm. Sedang celah
yang sekarang dipakai 0,15 mm dengan ketebalan sim yang sekarang dipakai
1,70 mm. Kalau clearance diukur pakai filler sudah mencapai 0,23 mm
atau sudah naik 0,08 mm, otomatis ketebalan sim harus diganti supaya
celah tappet kembali ke 0,15 mm.
Lantas jika lihat tabel, ukuran
ketelan shim yang harus dipakai adalah 1,80 mm. Atau ketebalan sim naik
0,1 mm dari ukuran awal. (motorplus-online.com)
Sumber : Motor Plus
No comments:
Post a Comment